Tak Henti Bersyukur Karena ASI

Pernah dengar obrolan begini?:
"Wah, anak ibu itu gemuk banget, ya? Dikasih susu apa, ya?"
"Katanya minum susu formula rajin banget. Dua hari bisa habis 900 gram. Gemes, ya. Anakku, kok, ga kayak gitu, ya?"
Lalu berlanjutlah obrolan tentang susu formula apa yang paling bagus untuk anak-anak. Bla, bla, bla....

Duhai, dulu saya hampir ikut-ikutan kelompok yang mengidolakan susu formula. Bersyukur, saya dikelilingi juga oleh orang-orang yang tak henti mendukung "gerakan" cinta ASI (hehe, ini istilah saya, ya), terutama suami. Dan semakin saya tahu kehebatan ASI, semakin saya bertekad untuk sepenuhnya berusaha sekuat jiwa raga untuk memberikannya bagi anak-anak.

Betapa tidak, ASI "diracik" oleh Yang Maha Sempurna. Jadi tidak ada yang perlu heran kalau kandungan ASI sempurna. Kandungannya sesuai untuk metabolisme anak. Dan yang membuat saya tidak perlu khawatir lagi karena anak-anak saya yang tidak gemuk gempal adalah semua unsur ASI diserap oleh semua elemen tubuh anak, terutama otak. Jadi, kandungan nutrisi yang dikonsumsi benar-benar bermanfaat untuk seluruh tubuh. Berbeda dengan susu formula, yang kandungannya lebih banyak tak terserap dengan baik oleh tubuh, lalu berubah jadi lemak dan bikin gemuk gempal gitu.
Saya baru baca pengalaman seorang ibu, yang pernah menjadi anggota tim riset sebuah merek susu terkenal di Indonesia, tapi sama sekali tak terkenal di negara asal susu itu sendiri. (Tulisan lengkapnya saya share di wall Fb, berhubung tidak bisa nge-link langsung di sini hehe...). Dan, fakta-fakta yang diceritakan semakin membuat saya takjub pada ASI sekaligus mempertanyakan promosi gencar produsen susu formula dengan segala argumentasinya. Dari soal kandungan susu formula yang sering disebut-sebut tapi ternyata produsen--bahkan WHO--belum tahu kegunaannya apa, proses pembuatan dengan segala tambahan zat yang masih dipertanyakan, hingga keraguan cocok untuk anak atau tidak.
Kesimpulannya: ASI is perfect. Perfect....
Yuk, sepenuh hati memberi ASI untuk buah hati...... Dan untuk orang-orang terdekat ibu menyusui: suami, orang tua, mertua, kakak, adik, tetangga, tolong bantu ibu menyusui, ya, untuk mendapatkan suplai gizi yang cukup jadi bisa jadi ibu menyusui yang sehat. Semangat ^-^

Comments

Popular posts from this blog

MENJEMPUT REZEKI

Pulang Kampuang (2)

BUNDA VS AYAH:)