Kuntum-kuntum Segar di Tajur





Ada yang lagi di Bogor? Jangan lupa mampir ke tempat ini, ya. Kuntum Farm Field namanya. Ini adalah salah satu tempat wisata peternakan dan kebun yang oke. Lokasinya di Tajur, nggak jauh dari jalan raya. Masih dekat dengan deretan toko-toko tas. Sudah lama dengar soal tempat yang satu ini. Tapi baru kesampaian sekarang jalan-jalannya. Alhamdulillaah.

Tiket masuk per orang Rp 30 ribu. Pas masuk, pengunjung dianjurkan memakai caping bambu yang sudah disediakan. Ini buat persiapan biar tidak terlalu kepanasan. Nggak pakai juga nggak apa-apa sih hehe. Tapi mending pakai, ya. Bogor memang terkenal sebagai Kota Hujan dan cenderung sering mendung. Tapi kalau lagi panas mah, tetap saja berasa panas dong. Jadi buat safety (ciee safety), pakai caping ajalah.

Nah, bagian pertama yang bisa dilihat adalah deretan kolam ikan. Ikannya banyak dan besar-besar. Airnya jernih jadi ikan-ikan yang berenang ke sana-sini keliatan jelas. Kalau mau kasih makan juga bisa. Eits, tapi beli dulu ya makanan ikannya. Belinya pas sebelum masuk ya. Kami kemaren jadi bolak-balik ke luar karena nggak tahu tempatnya.

Di sebelah kolam, ada deretan sayur organik. Kalau berminat, petik sendiri terus bayar di pintu depan. Next, ada aneka hewan peliharaan: sapi, kambing, kelinci, marmut. Anak-anak bisa memberi makan kelinci dan marmutnya, lho. Tapi, lagi-lagi, beli dulu ya. Harganya Rp 5.000, dapat wortel dan rumput. Kalau mau lebih seru, ajak si kecil memberi minuman susu untuk kambing dan sapi. Rp 5.000 untuk susu kambing dan Rp 10 ribu untuk susu sapi. Bau di sekitar kandang lumayan menyengat ya. Makanya kalo yang rada sensitif dengan bau prengus dan kawan-kawannya, pakai masker aja.

Yang seru lagi, ada kolam yang khusus untuk main-main air sambil menangkap ikan. Jadi, pengunjung diminta membeli ikan minimal 10 ekor ikan mas seharga Rp 50 ribu. Ikannya dimasukkan ke kolam terus sekeluarga bisa langsung nyebur ke kolam sambil rame-rame menangkap ikan pakai baskom plastik. Kalau ikannya nggak bisa-bisa ditangkap, tenang aja. Ntar tetap dikasih kok sebanyak yang sudah dibayar. Jadi, nangkap ikannya buat seru-seruan aja sudah cukup. Hiks, sayang kami nggak sempat nyobain. Terlalu sesak karena kolamnya dibikin kecil-kecil. Satu keluarga dengan dua anak saja udah bikin kolam penuh. Mau nungguin, entah kapan mereka keluar karena nggak ada batasan waktu. Anak-anak sempat sedih banget nggak jadi nyebur ke kolam. Syukur, ada gantinya: mancing mania.

Tenang deh, acara berenang nangkap ikan bisa diganti dengan acara mancing. Pancingan disewa dulu ya dan umpannya dibeli dulu. Kalau mau beli ikannya bisa. Atau kayak kami, cuma sewa pancingan dan beli umpan lalu memancing ala-ala aja. Kolamnya besar tapi kayaknya sesama pengunjung yang memancing di sekeliling kolam nggak ada yang dapat ikan hehehe...

Di bagian belakang, ada kebun aneka tanaman. Biasanya sih bisa dipetik juga, katanya. Tapi pas kami datang, sepertinya tanaman di kebun baru ditanam dan belum siap panen. Jadi di kebun buat jalan dan lari-lari aja. Udaranya seger banget. Pemandangannya indah. Nggak heran, tiap dua meter ada yang selfie hihu......

Terakhir, di bagian ujung bawah ada wahana naik kuda. Bayar lagi dong. Satu kali jalan Rp 30 ribu. Tapi jangan langsung beli tiket ya. Tanya sama yang jaga kudanya dulu nomor antrean yang lagi jalan. Kalau tidak, bisa terpaksa duduk-duduk ganteng dan lama deh kayak kami. Enaknya, tiket bisa dibalikin kalau keburu bete nunggunya.

Yeay, selesai deh... Ada musala dan tempat istirahat yang lapang, kok. Kalau lagi beruntung, ada petugas yang keliling menawarkan rambutan gratis hehe...
Oiya, ada beberapa tip nih kalau mau ke Kuntum
1. Datangnya pagi-pagi ya. Jam 8 pagi kalau bisa udah di sana. Biar jalan-jalannya tidak terlalu kepanasan. Soalnya area terbuka. Pengunjung belum banyak. Parkir masih bisa milih.
2. Siapkan uang tunai ya. Karena di dalam kayaknya belum atm. Padahal, sorry to say nih, kalau mau apa-apa, harus bayar tunai.
3. Bawa sabun cair. Ada beberapa titik untuk cuci kaki dan tangan. Tapi nggak ada sabun.
4. Aturannya nggak boleh makanan dan minuman dari luar. Jadi kalau bawa tas makanan dan minuman (ups ngajarin ngakalin hihi) yang udah dibeli di luar, secukupnya aja.
5. Bawa payung ya. Siap-siap bisa turun hujan setiap saat.
6. Pakai sepatu/sandal yang nyaman buat jalan-jalan di rumput dan tanah.
7. Baju ganti jangan lupa sekalian dibawa ke dalam area Kuntum biar nggak bolak-balik ke tempat parkir.
8. Awasi anak-anak karena ada beberapa tempat yang agak curam dan kolam yang agak dalam.

Okeoke... Selamat jalan-jalan, ya.

Comments

Popular posts from this blog

Pulang Kampuang (2)

Semoga Nanti, Masih Ada Kapal ke Padang

BUNDA VS AYAH:)